Rabu, 30 Mei 2012

Tips Merawat Motor Honda Astrea Grand


Permasalahan dan solusi merawat motor Honda Astrea Grand

Hallo pembaca… apa kabar!! Semoga baik baik saja yah . langsung aja nih ke pokok permasalahannya. Bagi kalian yang mempunyai Honda Astrea Grand, termasuk saya juga sih. Hehehe
Kalian pasti pengen kan punya motor bagus terus nyaman dipakainya, dan juga irit pastinya. Honda Astrea Grand  punya kriteria tersebut asalkan kalian merawatnya dengan baik dan benar.
Permasalahan yang sering terjadi banyak loh jika kita kurang memperhatiikan kondisi motor kita, maklum Honda Astrea Grand sudah termasuk motor yang lumayan tua, tunggu dulu motor ini sudah banyak yang tahu tentang mesin yang bandel dan iritnya bukan main.
Saya pengen sharing tentang pengalaman saya punya motor Honda Astrea Grand saya.
Ada beberapa masalah yang kadang saya alami tapi saya juga akan memberi solusi nya loh:
1.      Rangka motor yang sudah keropos.
Ini adalah hal yang paling saya kesalkan waktu itu untuk motor saya. Rangka motor yang sering keropos biasanya terjadi karena motor kurang perawatan dalam mencucinya, misalnya saat habis terkena air hujan kita malas untuk mencucinya, sebenarnya jika malas disiram saja dengan air bersih cukup loh terutama bagian bawahnya. Soalnya air hujan mengandung kotoran dan asam air yang cukup banyak jadi hal ini dapat menyebabkan rangka motor cepat berkarat.
Dan bagi kalian yang sudah keropos sebaiknya jangan hanya di las biasa aja, karena tidak akan kuat. Lebih baik bongkar semua sampai tinggal rangka saja (hal ini yang paling malas hahaha) lalu bawa ke tukang las karbit, terus minta di las dan minta tambahkan besi padat yang di massukkan ke dalam rangka tersebut dijamin kuat.
2.      Tarikkan motor yang sudah lemah.
Tarikkan motor yang lemah biasanya perawatan mesin yang kurang di perhatikan. Pastikan motor anda mengganti oli mesin rutin setiap bulan, apalagi kalian yang memakainya sering dan jauh dalam pemakaiannya.
Service juga karbulator anda setiap bulannya, service karbulator sangat mudah loh, coba sendiri pati bisa deh daripada kita ke bengkel cuma service karbulator sama ganti oli bisa habis kurang lebih Rp.50.000 mending kita beli oli sendiri, ganti sendiri bersihin karbu sendiri juga pasti jauh lebih murah dan anda juga bisa ngerti dikit-dikit tentang motor.
Service besar juga dapat menambah daya tarikan mesin kita yang sudah lemah, service besar yaitu menservice bagian head mesin kita, yang sudah lama ngga pernah service besar pasti banyak kerak-kerak pada bagian head kalian, makanya sekali-sekali kita perlu menservice besar motor kita dan sekalian lihat apakah ada yang harus diganti misalkan yang sering  rusak biasanya plat kopling, rantai keteng, klep dan masih banyak lagi.hehehe.


3.      Keluar asap putih dari kenalpot
Asap putih dari kenalpot juga sering saya lihat pada motor grand ini, asap putih disebabkan karena ada oli yang bocor lalu terbakar di mesin yang menyebabkan asap putih ini keluar. Karena motor Grand sudah termasuk motor tua, biasanya seher tidak pernah diganti, sementara seher atau piston ini terus bekerja siang dan malam hehehe.
Kebocoran oli ini biasanya terdapat di seher atau ring seher yang sudah lemah, ini diharuskan kita untuk turun mesin lalu mengkorter head di tukang bubut dan seher diganti yang agag besar. Hal ini tidah bisa di hindari karena memang biasanya sudah waktunya untuk diganti.

Sudah ya sekian dulu tips dari saya, mungkin kalian  juga bisa sharing tentang motor kalian karena saya hanya belajar dari pengalaman.
Mungkin di lain waktu juga saya akan sharing lagi kog hehahehaheha… salam GRAND

27 komentar:

  1. Balasan
    1. Cara pasang kopling di motor grand. Mudah mas. Beli aja block kopling yang sudah manual.
      1. Lakukan pembongkaran block kopling.
      2. Lepas seperti rumah kopling dan Automatis kopling juga.
      3. Setelah semua bagian kopling terlepas. Anda harus mengaplikasikan atou memodip otomatis kopling dengan cara di las listrik atou di kasih ganjal ring 19mm.
      4. Lakukan penggantian kanpas kopling juga (sebab jiga kanpas tidak di ganto ketika di starer motor malah enyeng itu penyebabnya kanpas kopling aus)
      5. Pengelas pelatuk gear (depp well-nyangkut gigi) harus di paten karna semua sudah manual.
      6. Teliti ketika memasang kembali komponen kopling tersebut karna. Banyak ring tipis yang berada apa rumah kopling...
      7. Setelah semuanya terpasang anda harus memasang heandel kopling dengan cara memapas bagian setang karna susah untuk di pasang jiga tidak di papas atou di gerinda.
      Selamat mencoba

      Hapus
  2. Thanks buat tipsnya gan. . salam Grandster :D

    BalasHapus
  3. Mas, barangkali pernah kuras tanki grand. Crnya gmn? htr nhn pisan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masnya lepas tankinya trus beli solar sama sunlight trus mur baut sekitar 7-10 biji trus langkah pertama kosongin tanki trus masukin solar sama tutup lubang tanki kocok2 trus bilas.. langkah keduanya masukin solar yg dicampur sunlight trus kocok2 bilas.. langkah ketiga sama masukin solar+sunlight+baut mur tadi.. kocok2 berkali2 lalu bilas dan kuras.. (jgn lupa mur baut dikeluarkan ya)

      fungsi mur baut sendiri intik menghilangkan / memapras kerak2 yg terdapat pada tanki...


      salam granderist

      Hapus
  4. Buat yg blum puas sma kcptan honda astrea ,,,klian jga bsa ko pasang sndiri ,ga perlu mahal,,yang penting keinginan tercapai,,,,hehe

    BalasHapus
  5. Grand merupakan motor lawas
    . Tapi bisa ko di aplikasi menggunakan block silinder milik legenda. Asalkan head dan boring milik legenda juga. Tapi ada yang harus di perhatikan juga supaya hasil maksimal bossa... ketika memasang aplikasi head dan boring milik legenda. Kalian harus memapas boring sekitar 2,7cm kenapa harus di papas????? Karna legenda memiliki langkah yang panjang sedang grad langkah nya pendek. Tanpa di papas juga bisa tapi kompresi yang di hasilkan low (turun) jiga kita menpapas komperesi akan naik. Selain itu juga jika kita memasang aplikasi milik legenda motor lebih enteng karna cc atou capasittas motor jadi naik kembali...

    BalasHapus
    Balasan
    1. main papras silinder head aja juga bisa gan.. kalo mau diganti blokop legenda dana yg keluar juga tidak sedikit juga resiko ketika ada razia resmi dijalan.. saran ane sih cukup dengan memapras silinder head sama ganti piston aja insyaallah dana yg keluar maks 500 ribu aja, Tapi dalam pemaprasan silinder head ini dibutuhkan ketekunan/keuletan yg tinggi dimulai dari Perhitungan kompresi in/ex penghitungan diameter silinder head dsb jadi ane sarankan dibawa ke tukang bubut yg bener2 ngrti tentang motor astrea grand


      Itu saran dari ane kalo mau memaksimalkan akselerasi motor asstrea grand Salam Granderist

      Hapus
  6. seneng dengan honda astrea grand saya, motor ini otor tua, tapi masih buandel banget, mesinnya tetap jos gandhos, diajak ngebut juga masih mau, salut dengan astrrea grand

    Halra

    BalasHapus
  7. tali gas nya macet gimana tuh?(astrea legenda)

    BalasHapus
  8. min.kl dmesin da suara"tek tek" itu problem di mangkok kopling.rantai timing atw seher..
    mohon bantuannya

    BalasHapus
  9. Mas harga perbaiki kalau sudah berasap brpa ya?

    BalasHapus
  10. astrea grandma,beli second ternyata perbaikan lumayan banyak. mati pula pajaknya dah 10 tahun.

    BalasHapus
  11. Bos ada yg tau gk batok yg pas buat si grand star..

    BalasHapus
  12. saya kan punya motor astrea klo biasanya gas nya kencang ko sekarang lamabat cara merawat nya gimana

    BalasHapus
  13. ane sayang banget sama astrea grand 97 ane gan. ini tipsnya bakal ane gunain untuk merawat si tombi. joss pokoknya :)

    BalasHapus
  14. pgi juragan2 atau akang2,tua muda nya kendaraan ter gantung perawatan bner kata guru yg di atas,malahan mtor saya honda star thun 1984 malahan di bkin gastrack clasik n masih bisa ngejar2 cs 1 standaran walau maen lumpur,modal piston kaze sama noken as di bubut.

    BalasHapus
  15. kalo las batangan keropos kira" kena brapa luar?

    BalasHapus
  16. kalo las batangan keropos kira" kena brapa luar?

    BalasHapus
  17. Mas yang bagus pake oli apa ya?

    BalasHapus