Selasa, 05 Juni 2012

Kehidupan Manusia Prasejarah

Hallo pembaca, saya punya info nih tentang zaman prasejarah tempo doeloe hehehe cekidot..
Prasejarah yaitu suatu zaman ketia manusia belum mengenal tulisan. Oleh karena itu, zaman ini disebut juga nirleka ( nir = tidak ada; lekha = tulisan ) .
1. Zaman prasejarah
            Zaman prasejarah berlangsung dari sejak adanya manusia, sekitar 2 juta tahun yang lalu, hingga manusia menenal tulisan. Untuk mengetahui kehidupan prasejarah, para ahli mempelajari fosil, yaitu bagian tubuh binatang, tumbuhan, atau manusia yang membatu,
2. Lingkungan alam
            Lingkungan alam zaman prasejarah sangat lah berbeda dengan lingkungan yang ada sekarang. Ketika itu banyak terjadi peristiwa alam, seperti pengangkatan daratan, naik turunya air laut, dan kegiatan gunung api. Binatang dan tumbuhan yang berukuran besar dan lebih banyak ragamnya. Binatang dan tumbuhan itu kini sudah banyak yang punah,
3. Manusia Purba
            Manusia purba yang hidup pada zaman prasejarah di kelompokan antara lain sebagai berikut :
a.       Meganthropus palaeojavanicus: manusia yang paling purba;
b.      Homo erectus atau Pithecanthropus: manusia yang sudah berjalan tegak
c.       Homo sapiens: manusia purba yang sudah mirip manusia sekarang.
4. Perkembangan dan migrasi manusia purba
            Berdasarkan temuan-temuan fosil manusia purba di berbagai penjuru dunia kini para ahli paleoantropologi dapat menyusun sejarah makhluk manusia. Sejarah yang disusun itu menyangkut proses perkembangan jasmani manusia maupun proses migrasi manusia untuk menghuni seluruh permukaan bumi.
            Dalam menyusun perkembangan jasmani manusia, para ahli paleoantropologi mengikuti Teori Evolusi, yang sudah dikemukakan oleh Charles Darwin pada tahun 1859. Menurut temuan fosil pra manusia yang telah di temukan saat ini, mahkluk yang dapat dikatakan sebagai cikal bakal manusia adalah Australopithecus. Jika diamati dari bentuk fosil yang ada, tampak 4 perubahan jasmani dalam makhluk pra manusia yang sangat menentukan proses evolusi menuju manusia sejati. Melalui proses evolusi inilah manusia kemudian mampu mengembangkan kehidupannya secara lebih baik.
5. Migrasi manusia purba
            Menurut temuan fosil pra manusia yang telah ditemukan hingga saat ini, makhluk yang dapat dikatakan sebagai cikal bakal manusia adalah Australopithecus (yang artinya kera dari selatan). Ada 4 jenis Australopithecus ditemukan di Afrika, yaitu Australopithecus afarensis, Australopithecus africanus, Australopithecus robustus, dan Australopithecus boisei.
6. Kehidupan berburu dan mengumpulkan makanan
            Di zaman ini ada dua tingkatan, yaitu masa berburu dan mengumpulkan makanan tingkat sederhana dan tingkat lanjut. Masa berburu dan mengumpulkan makanan tingkat sederhana sering disebut zaman Paleolitik (2 juta tahun yang lalu hingga 10.000 tahun sebelum Masehi), yaitu ketika manusia masih hidup berpindah-pindah (nomaden). Pada zaman ini alat yang digunakan adalah kapak batu dan alat serpih.
7. Masa berburu dan mengumpulkan makanan tingkat lanjut
            Zaman ini disebut juga sebagai zaman Maesolitik (10.000-4000 tahun sebelum masehi), yaitu ketika manusia sudah hidup agak menetap di gua-gua atau di tepi pantai. Pada zaman ini manusia sudah menggunakan kapak pendek, kapak Sumatralit, mata panah, dan alat-alat tulang.
8. Kehidupan masa bercocok tanam
            Zaman ini disebut juga zaman Neolitik (4000-2000 tahun sebelum masehi), yaitu ketika manusia sudah dapat menanam berbagai jenis tumbuhan dan menernakan hewan. Mereka sudah hidup menetap dan menggunakan alat-alat batu yang sudah diasah halus, seperti kapak persegi dan kapak lonjong. Pada masa inilah manusia tidak lagi menjadi pengumpul makanan (food-gatherer), tetapi juga penghasil makanan (food-producer). Perubahan ini disebut Revolusi neolitik. Mereka percaya pada roh nenek moyang dan mulai mendirikan bangunan megalitik. Di Indonesia, cara bercocok tanam di bawa oleh orang-orang Nusantao yang berbahasa Austronesia dari Taiwan dan Filifina Utara.
9. Kehidupan masa perundagian
            Zaman Perundagian disebut juga zaman Logam Awal (2000 tahun sebelum masehi-abad IV masehi), ketika manusia mulai mengenal pembuatan alat-alat dari logam seperti nekara, kapak perunggu, bejana gepeng, candrasa, dan perhiasan. Budaya ini disebut Dongson. Mereka hidup di perkampungan tetap. Ada kelompok pengrajin benda tertentu dan perdagangan mulai maju. Di masa ini mulai terbentuk golongan masyarakat pemimpin , pendeta, orang awam, dan budak.

Sumber : Widya Utama kurikulum 1994

1 komentar: